7 Biji Kopi Terbaik Indonesia dan Ciri-cirinya

Indonesia merupakan salah satu negara supplier biji kopi terbesar di dunia. Tak heran, karena hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kebun biji kopi dan cara pengolahannya yang unik. Cita rasa dan karakteristik yang dihasilkan juga sangat beragam yang kemudian membuat produk biji kopi Indonesia semakin digemari. Karena rasanya yang khas, biji kopi yang dihasilkan oleh daerah-daerah di Indonesia kini tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat produsen, tetapi juga wisatawan hingga masyarakat dari daerah lain dan luar negeri. 7 Biji Kopi Terbaik Indonesia dan Ciri-cirinya

7 Biji Kopi Terbaik Indonesia dan Ciri-cirinya

Berikut 7 jenis biji kopi Indonesia dan ciri-cirinya yang perlu Anda ketahui!

Biji Kopi Aceh

Di wilayah paling barat Indonesia, ada dua jenis biji kopi yang dihasilkan, yaitu biji kopi Arabica dan Robusta. Nah, yang paling terkenal dari Aceh adalah biji kopi Arabika Gayo yang digadang-gadang sebagai salah satu biji kopi terbaik di dunia. Ciri yang paling kuat dari biji kopi Aceh Gayo adalah aromanya yang sangat tajam. Selain itu, kopi Gayo tidak meninggalkan aftertaste pahit yang menempel di lidah setelah diminum, tidak seperti kebanyakan jenis kopi lainnya yang meninggalkan aftertaste pahit. Inilah alasan mengapa banyak orang yang sangat menikmati kopi Aceh Gayo.

Biji Kopi Lampung

Berbeda dengan biji kopi Aceh yang lebih terkenal dengan jenis kopi arabikanya. Kopi Lampung sebenarnya sangat unggul dari kopi Robusta. Ciri khas biji kopi Indonesia dari Lampung yang paling menonjol adalah teksturnya yang halus, namun rasanya cukup kuat. Metode pengolahan kering yang digunakan dalam pengolahan biji kopi Lampung juga diyakini menjadi asal mula rasa dan ciri khas yang kuat di dalamnya.

Biji Kopi Toraja

Memiliki nama lain Celebes Kalossi, kopi dari daerah Sulawesi ini memiliki aroma yang sangat khas dan harum. Apa yang membuatnya cukup populer adalah keasamannya yang rendah. Keunikan karakteristik biji kopi Toraja terdapat pada kecenderungan rasa floral dan fruity yang dihasilkan. Selain itu, rasa kopi yang kuat dan sedikit asam meninggalkan aftertaste yang unik di lidah.

Biji Kopi Jawa

Produksi biji kopi Jawa Indonesia umumnya dilakukan dengan cara pengolahan basah sehingga rasanya mungkin sedikit berbeda dan tidak sekuat biji kopi yang diproduksi di Sumatera atau Sulawesi. Meski begitu, biji kopi jenis Arabika ini sangat banyak dinikmati karena rasanya yang dianggap 'seimbang'. Tingkat keasamannya yang sedang dan kekentalannya yang tidak terlalu kental, serta semilir aroma bumbu yang dihasilkan, membuat ciri khas tersendiri saat Anda meminumnya.

Biji Kopi Kintamani Bali

Ciri khas kopi Indonesia ini adalah rasanya yang segar asam ( citrus ) seperti jeruk. Aromanya yang eksotis, teksturnya yang ringan, membuat kopi ini tidak terlalu pahit dan tidak meninggalkan aftertaste yang kental setelahnya. Oleh karena itu, kopi jenis ini banyak dinikmati oleh orang-orang yang tidak terlalu suka minum kopi dengan tubuh yang 'berat'.

Biji Kopi Flores Bajawa

Biji Kopi Arabika dari Flores Bajawa ini menghasilkan tingkat keasaman yang sedang dan tekstur rasa yang ringan. Selain aromanya yang menggoda, ciri khas biji kopi ini juga dikenal dengan sensasi manisnya serta rasa kacang dan bumbu di dalamnya. Keunikan inilah yang mungkin tidak bisa Anda nikmati pada biji kopi lainnya. Tak heran jika jenis Flores Bajawa ini bisa menembus pasar internasional karena keunggulan tersebut.

Biji Kopi Papua Wamena

Ketajaman aroma dengan rasa yang ringan menjadi ciri khas dari biji kopi Indonesia yang berasal dari Indonesia bagian timur ini. Mirip dengan kopi Bali yang memiliki cita rasa floral. Kopi Papua Wamena juga dilengkapi dengan aroma wangi coklat dan rempah-rempah. Aftertaste 'smokey' setelah diminum menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri. Teksturnya yang lembut dan tidak berminyak juga sangat ramah di mulut. Itulah 7 jenis biji kopi kebanggaan nusantara yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagian besar daerah memang mengunggulkan produksi biji kopi Arabika, namun ada juga jenis biji kopi Robusta Indonesia yang tak kalah populer. Sama seperti biji kopi di seluruh Indonesia yang kaya rasa, malagri juga memiliki biji kopi terbaik untuk Anda pecinta kopi atau pebisnis kopi. Anda dapat membaca blognya di distributor kopi
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 19 Oktober 22 - 18:51 WIB
Dibaca sebanyak : 49 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank