Apa itu Kopi?

Apa itu Kopi?
Yuk saatnya mengenal kopi kita di indonesia tercinta ini. Dimana kita telah tahu bahwa negara kita ini merupakan salah satu penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia. Kopi ialah salah satu tanaman semak yang bisa tumbuh di tempat tropis dengan ketinggian 700 – 1600 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Pohon kopi umumnya dipangkas pendek untuk menghemat daya dan bantuan panen, tapi bisa tumbuh lebih dari 30 kaki atau tinggi 9 meter. Tiap pohon ditutupi daun hijau dan ranting yang saling bertautan saling berpasangan. Distributor kopi umumnya menanam Biji kopi tumbuh di sepanjang cabang, namun karena tumbuh dalam siklus yang terus menerus maka kita tidak bisa mengamati bunga, buah hijau dan buah yang matang beriringan pada satu pohon. Diperlukan hampir setahun untuk biji yang matang sesudah berbunga pertama kali, dan sekitar 5 tahun pertumbuhan untuk mendapatkan produksi buah yang penuh. Sementara tanaman kopi bisa hidup hingga 100 tahun, mereka lazimnya paling produktif antara usia 7 dan 20. Perawatan yang ideal bisa mempertahankan dan malahan meningkatkan hasilnya selama bertahun-tahun, tergantung varietasnya. Rata-rata pohon kopi menghasilkan 10 pon biji kopi per tahun, atau 2 pon green bean coffee. Seperti yang dijelaskan di Blog supplier kopi
 
Berikut 7 jenis supplier biji kopi Indonesia dan ciri-cirinya yang perlu Anda ketahui pada website export coffee from indonesia

Biji Kopi Toraja

Memiliki nama lain Celebes Kalossi, kopi dari daerah Sulawesi ini memiliki aroma yang sangat khas dan harum. Apa yang membuatnya cukup populer adalah keasamannya yang rendah. Keunikan karakteristik biji kopi Toraja terdapat pada kecenderungan rasa floral dan fruity yang dihasilkan. Selain itu, rasa kopi yang kuat dan sedikit asam meninggalkan aftertaste yang unik di lidah.

Biji Kopi Jawa

Produksi biji kopi Jawa Indonesia umumnya dilakukan dengan cara pengolahan basah sehingga rasanya mungkin sedikit berbeda dan tidak sekuat biji kopi yang diproduksi di Sumatera atau Sulawesi. Meski begitu, biji kopi jenis Arabika ini sangat banyak dinikmati karena rasanya yang dianggap ‘seimbang’. Tingkat keasamannya yang sedang dan kekentalannya yang tidak terlalu kental, serta semilir aroma bumbu yang dihasilkan, membuat ciri khas tersendiri saat Anda meminumnya .

Biji Kopi Kintamani Bali

Ciri khas kopi Indonesia ini adalah rasanya yang segar asam ( citrus ) seperti jeruk. Aromanya yang eksotis, teksturnya yang ringan, membuat kopi ini tidak terlalu pahit dan tidak meninggalkan aftertaste yang kental setelahnya. Oleh karena itu, kopi jenis ini banyak dinikmati oleh orang-orang yang tidak terlalu suka minum kopi dengan tubuh yang ‘berat’.

Biji Kopi Flores Bajawa

Biji Kopi Arabika dari Flores Bajawa ini menghasilkan tingkat keasaman yang sedang dan tekstur rasa yang ringan. Selain aromanya yang menggoda, ciri khas biji kopi ini juga dikenal dengan sensasi manisnya serta rasa kacang dan bumbu di dalamnya. Keunikan inilah yang mungkin tidak bisa Anda nikmati pada biji kopi lainnya. Tak heran jika jenis Flores Bajawa ini bisa menembus pasar internasional karena keunggulan tersebut.

Biji Kopi Papua Wamena

Ketajaman aroma dengan rasa yang ringan menjadi ciri khas dari biji kopi Indonesia yang berasal dari Indonesia bagian timur ini. Mirip dengan kopi Bali yang memiliki cita rasa floral. Kopi Papua Wamena juga dilengkapi dengan aroma wangi coklat dan rempah-rempah. Aftertaste ‘smokey’ setelah diminum menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri. Teksturnya yang lembut dan tidak berminyak juga sangat ramah di mulut. Itulah 7 jenis biji kopi kebanggaan nusantara yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagian besar daerah memang mengunggulkan produksi biji kopi Arabika, namun ada juga jenis biji kopi Robusta Indonesia yang tak kalah populer. Sumber: Supplier Kopi.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 19 Oktober 22 - 23:59 WIB
Dalam Kategori : KOPI, KOPI ADALAH, APA ITU KOPI, INFORMASI TENTANG KOPI
Dibaca sebanyak : 69 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank